Home » Bibit Sayuran » Kecipir

Kecipir

Kategori : Bibit Sayuran
5 biji per paket
Stok : Ready
Kode :
Berat : Kg
Dilihat : 951
Harga : Rp 10000
Tutup sementara [No Call]
PIN BB: Request via SMS
KETIK :
BUNGAHIAS # Nama Bunga (jumlah) # Nama Lengkap # Alamat Lengkap # No HP
Sayuran Kecipir

Sayuran Kecipir

Bibit Sayuran Kecipir

Berisi 5 biji per paket.

 

Kecipir atau Psophocarpus tetragonolobus adalah tumbuhan sayur jenis merambat yang juga dikenal sebagai kacang botol atau kacang belimbing di Sumatera, serta kacang embing di Palembang. Nama lainnya juga kelongkang dan kacang kumbotor.

Dalam bahasa Inggris disebut sebagai asparagus pea atau winged bean, namun jenis ini merupakan kecipir dusun. Keduanya sayur kacang yang hampir sama namun berbeda kultivar.

Bunga Kecipir

Bunga Kecipir

Tumbuhan kecipir memanjat, merambat, dan membelit, membentuk semak. Jika Anda ingin membudidayakan kecipir, bisa dibiarkan tanpa penyangga sehingga menjadi penutup tanah, atau juga diberi penyangga agar memanjat/merambat naik.

Batangnya berbentuk silindris dan beruas, bisa sampai 4m panjangnya. Akarnya sebagian menebal lalu kemudian menjadi umbi.

Di Indonesia, ekcipiri ditanam dan dibudidayakan untuk diambil pucuk daun muda yang biasanya direbus untuk jadi lalap, pecal, atau urap, atau dicampur dengan sayur lain.

Umbi dari kecipir ini pun dapat dimakan, namun harus dipanen sebelum buah kecipirnya tua. Rasa umbinya mirip seperti bengkuang.

Biji kecipir dimakan sebagai kacang (maka dari itu banyak yang menyebutnya sebagai kacang botol, kacang-kacang/bijinya yang terdapat didalam pod kecipir yang berbentuk seperti botol).

Tidak hanya sebagai makanan yang enak, daun kecipir juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Jika mata Anda bengkak atau ada sakit pada telingi, ekstrak daun kecipir dapat digunakan sebagai obat tradisional. Jika ada bisul, daun kecipir dapat diremas dan dicampur dengan adas pulosari sebagai obat untuk bisul.

Biji dan daun kecipir mengandung saponin, tanin, dan flavonoid.

Protein ditemukan banyak terdapat di biji kecipir (kacang kecipir), serta banyak kandungan magnesium, kalim, fosfor. Kecipir juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang banyak.